Selasa , 17 Juli 2018
UPDATE INFO

DAMPAK PENYULUHAN DI KECAMATAN PRINGGARATA: Produktivitas Padi Meningkat 30%

oleh I Nyoman Sunetrayana, SST (Koordinator PPL Kecamatan Pringgarata)

Capaian produktivitas merupakan salah satu barometer keberhasilan penerapan suatu teknologi. Dalam budidaya padi, produktivitas tidak ditentukan oleh salah satu komponen teknologi, namun akibat dari sinergisitas semua komponen teknologi secara komplementer, disamping dukungan sarana produksi serta kondisi iklim. Pertanyaannya adalah seberapa lengkap dan utuh penerapannya oleh petani pelaku utama ? Berapakah produktivitas yang dicapai nya ?

Peran strategis penyuluh pertanian dalam proses diseminasi penerapan teknologi budidaya padi oleh para petani pelaku utama. Pendampingan dan pengawalan oleh Penyuluh Pertanian harus dilakukan secara kontinyu dan berkala baik melalui pendekatan perorangan (kunjungan rumah dan ke lahan usahatani), kelompok maupun masal. Profesionalisme penyuluh diuji dalam memilih dan menentukan metode serta media penyuluhan untuk mencapai efektifitas

 

 

 

Kegiatan panen (mengubin) dilahan Amaq Jaelani petani anggota Kelompok Tani Ingin Makmur Desa Pringgarata Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu evaluasi dampak penyuluhan yang telah dilaksanakan oleh para Penyuluh Pertanian di Kecamatan Pringgarata. Pengambilan ubinan dilakukan secara random dengan mengambil 5 ( lima) titik secara diagonal.

 

Hasil rata-rata produktivitas setelah dikonversi dalam satuan hektar adalah 67,2 kwintal GKP dengan KA. ± 20 %. Capaian ini meningkat 30 % dari sebelumnya yakni 51,5 kwintal GKP. Hal ini terjadi sebagai dampak daripada penyuluhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*